Man United dan Sevilla Angkat Koper

BolaMilenia.com – Hasil Liga Champions 2023-24 pada Selasa (13/12/2023) dini hari WIB menjadi saksi kegagalan Manchester United dan Sevilla. Keduanya dipastikan angkat koper dari kompetisi UEFA musim ini setelah menderita kekalahan pada matchday 6 tadi malam.

Man United yang berada di grup A sejatinya masih punya peluang lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2023-24. Mereka bisa menempati peringkat kedua di klasemen akhir andai menang atas Bayern Munich, dan pada saat bersamaan duel FC Kobenhaven dengan Galatasaray berakhir imbang.

Namun, jauh panggang dari api, harapan tak sejalan dengan kenyataan. Man United justru kembali menderita kekalahan dari Bayern meski bermain di kandang sendiri, Stadion Old Trafford. Gol tunggal Kingsley Coman pada menit ke-70 memastikan Bayern pulang dengan kemenangan 1-0.

Kekalahan itu tak cuma membuat Man United gagal merebut posisi kedua klasemen. Tim asuhan Erik Ten Hag juga tak bisa mendapat kesempatan tampil pada play-off babak 16 besar Liga Europa lantaran cuma menjadi juru kunci grup A.

Peringkat ketiga diraih Galatasaray yang pada saat bersamaan kalah 0-1 dari Kobenhaven lewat gol Lukas Lerager pada menit ke-58. Poin 5 yang dikoleksi Galatasaray tak bisa dikejar Man United. Sementara, Kobenhaven lah yang berhak mendampingi Bayern lolos ke babak 16 besar Liga Champions setelah mengumpulkan 8 poin.

Sevilla Gagal Kembali ke Habitatnya di Liga Europa

Di grup B, harapan Sevilla untuk bisa tampil pada babak play-off 16 besar Liga Europa pun kandas. Pada matchday 6, Selasa (13/12/2023), Sevilla dipaksa takluk 1-2 di kandang RC Lens, Stade Bollaert-Delelis.

Padahal, Sevilla wajib menang atas Lens jika ingin berpeluang tampil di kompetisi yang menjadi “rumah” bagi mereka, Liga Europa. Tapi, dua gol Lens yang dicetak Przemysław Adam Frankowski (63′) dan Angelo Fulgini (90+6), cuma bisa dibalas satu oleh Sevilla melalui penalti Serbio Ramos (79′).

Kekalahan itu memaksa Sevilla mengakhiri perjalanan di kompetisi UEFA musim ini sebagai juru kunci grup B dengan 2 poin dan tanpa meraih kemenangan. Lens lah yang berhak tampil pada play-off babak 16 besar Liga Europa dengan menduduki peringkat ketiga.

RC Lens vs Sevilla Hasil Liga Champions - RCLens
Twitter @RCLens

Sementara, duel PSV Eindhoven melawan Arsenal yang berakhir imbang 1-1 tak lagi menentukan peringkat kedua tim. Arsenal sudah pasti lolos sebagai juara grup dengan poin akhir 13, disusul PSV sebagai runner up dengan 9 angka.

Di grup C, Napoli memastikan tiket ke babak 16 besar sebagai runner-up. Pada matchday 6, Napoli menang 2-0 atas SC Braga di Stadion Diego Armando Maradona dengan koleksi poin akhir 10. Braga, meski kalah, tetap berhak tampil pada play-off 16 besar Liga Europa lantaran pesaingnya, Union Berlin, kalah 2-3 dari juara grup, Real Madrid.

Sementara di grup D, Inter Milan gagal menkudeta Real Sociedad dari posisi puncak klasemen. Duel kedua tim di Stadion Giuseppe Meazza berakhir imbang 0-0 hingga Sociedad berhak lolos sebagai juara grup lantaran unggul selisih gol dari Inter. Tiket ke play-off 16 besar Liga Europa direbut RB Salzburg meski kalah 1-3 dari Benfica pada matchday pamungkas.

Hasil Liga Champions 2023-24 Matchday 6, Selasa (13/12/2023):

GRUP A
FC Kobenhaven 1-0 Galatasaray (Leragen 58′)
Manchester United 0-1 Bayern Munich (Coman 70′)

GRUP B
RC Lens 2-1 Sevilla (Frankowski 63-p, Fulgini 90+6′ –
Ramos 79′-p)
PSV Eindhoven 1-1 Arsenal (Vertessen 50′ – Nketiah 42′)

GRUP C
SSC Napoli 2-0 SC Braga (Saatçı 9′-bd, Osimhen 33′)
Union Berlin 2-3 Real Madrid (Volland 45+1′, Král 85′ – Joselu 61′, 72′, Ceballos 89′)

GRUP D
Inter Milan 0-0 Real Sociedad
RB Salzburg 1-3 Benfica (Sučić 57′ – Di María 32′, R. Silva 45+1′, Cabral 90+2′)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *