Witan Sulaeman Dijadikan Bek Kanan, Ini Alasan Shin Tae-yong

BolaMilenia.com – Eksperimen menarik dilakukan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pada pertandingan uji coba pertama dalam pemusatan latihan (TC) di Turki. Dia memasang Witan Sulaeman sebagai bek kanan saat dimasukkan pada babak kedua laga melawan Libya, Selasa (2/1/2024).

Pada pertandingan yang berlangsung di Mardan SportSports Complex itu, STY memang melakukan cukup banyak eksperimen. Salah satunya, da memasang sebagian besar pemain pelapis sebagai starter. Selain Marc Klok, hanya satu pemain keturunan yang diturunkan sejak awal, yakni Rafael Struick.

Pada laga yang berakhir untuk kemenangan Libya dengan skor 4-0 itu, STY juga menurunkan hampir semua pemain yang sudah tersedia. Di babak kedua, dia mengganti hampir semua pemainnya dan menyisakan hanya kiper Syahrul Trisna saja yang terus dipasang sepanjang pertandingan.

Di antara eksperimen pada babak kedua, ada dua yang menarik. Pertama adalah dengan langsung memainkan Justin Hubner yang baru bergabung dengan skuad, serta penempatan posisi Witan Sulaeman sebagai full-back kanan.

“Seperti yang sudah saya katakan, saya ingin memanfaatkan uji coba ini untuk mempertajam taktik permainan tim, dengan penyesuaian pada kondisi fisik pemain. Untuk Justin, saya yakin dia bisa langsung bermain, saya juga berharap, lewat uji coba, Justin bisa lebih awal menyesuaikan permainan tim dan dengan rekan-rekannya yang lain,” jelas STY, seperti dikutip dari laman PSSI.

“Bagi Witan, dia sudah saya tanyakan bisa kah bermain sebagai full back kanan, dia katakan bisa, karena sebelumnya pernah melakukannya. Jadi ini semua sebagai persiapan dan pematangan tim ini agar bisa berlaga dengan baik di Piala Asia,” sambung pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Witan Sulaeman Kagok di Bek Kanan, Justin Hubner Buat Blunder

Justin Hubner timnas Indonesia vs Libya 1 - PSSI
PSSI

Kehadiran Hubner menemani Jordi Amat di posisi bek tengah serta Witan yang mengisi peran sebagai bek kanan justru membuat Indonesia harus kebobolan tiga gol tambahan pada babak kedua. Padahal, pada babak pertama gawang Syahrul Trisna cuma bobol sekali.

Apalagi, gol ketiga yang bersarang ke gawang timnas Indonesia lahir akibat kesalahan umpan yang dilakukan Hubner. Pemain asal klub Wolverhampton Wanderers itu mengaku masih perlu beradaptasi dengan skuad dan skema permainan STY.

“Ini adalah pertandingan pertama saya. Laga ini sungguh sulit karena sistem baru untuk saya, formasi baru untuk saya. Jadi, benar-benar laga yang sulit untuk dimainkan. Namun saya tetap senang bisa memainkan laga pertama saya bersama timnas Indonesia,” kata Hubner.

Selanjutnya, timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba kedua mereka dengan Libya di tempat yang sama pada Jumat (5/1). Setelah itu melawan Iran di Qatar (9/1).

Uji coba merupakan pemanasan buat Indonesia menuju Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024 mendatang. Indonesia tergabung di Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam. Laga perdana akan dihadapi Indonesia melawan Irak pada 15 Januari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *